Minggu, 29 Juli 2012

Pattaya


Pattaya (bahasa Thai พัทยา) ialah sebuah kota di Thailand, terletak di pesisir Teluk Thailand, tenggara Bangkok di Provinsi Chonburi. Merupakan pusat pariwisata terbesar di Thailand.


PATTAYA

Pattaya merupakan kota semarak tempat bermain muda-mudi dari seluruh dunia. Bagian   utara Pattaya lebih tenang dan cocok untuk rileks (daerah Jomtien), berolah raga air.   Sedangkan selatan Pattaya ramai dengan wisatawan mancanegara yang menikmati hiburan   malam. Pattaya dapat dicapai langsung dari bandara Suvarnabhumi sekitar satu jam saja,   tanpa perlu melewati Bangkok.


Sejarah
Awalnya Pattaya hanya desa nelayan kecil hingga tahun 1960-an, pasukan Amerika dari markas AU mereka di U Ta Pao, Provinsi Rayong menemukan daerah ini untuk R&R. Kota ini tumbuh pesat, sebagian besar karena go go bar dan kehidupan malam lainnya. Saat prajurit Amerika meninggalkan daerah ini setelah Perang Vietnam, kota ini jatuh ke kubangan krisis, namun dengan bangkitnya pariwisata massal khususnya dari Eropa bisnis pariwisata kota ini kembali berkembang. Pada tahun 2001 lebih dari 24.000 ruang hotel tersedia di Pattaya. Meskipun pariwisata seks masih cukup mencolok di Pattaya, semua pariwisata yang inklusif kini menyusun bagian terbesar pariwisata.


Politik
Sejak adanya UU Kota Pattaya tahun 1976, kota ini menjadi kotamadya berpemerintahan sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar