Senin, 24 September 2012

Lebih baik pilih Iphone, Blackberry atau Android?

Memilih smartphone ternyata sedikit membingungkan, setidaknya itulah yang dialami oleh beberapa kawan saya. Mereka meminta opini kepada saya, lebih baik mana antara Iphone, blackberry  atau handphone berbasis android ? Berikut penuturan dan pengalaman yang saya temukan :

IPHONE
  1. OS nya disebut Iphone OS 
  2. Harganya mahal, paling murah 3 jutaan.
  3. Fitur-fiturnya menarik, transisi nya halus banget, layar capacitive (cukup menggunakan jempol dan telunjuk untuk proses pembesaran gambar di layar), gak kenal istilah lemot, jarang sekali ditemukan adanya hang / freeze, bisa nerima e-mail personal / lainnya, tampilan sms yang menarik seperti chat dengan tampilan dalam format buble, fitur chat menggunakan program seperti yahoo,whatsapp. Browsing di Iphone sangat menarik. 
  4. Batere lumayan kuat seharian, biasanya cukup di charge sekali aja dalam sehari (6 jam) tapi tergantung juga sih kalo pemakaiannya terus menerus seperti browsing,send and receive e-mail bakalan cepat menghabiskan battery juga. 
  5. Banyak aplikasi dan game yang bakal membumi hanguskan kepenatan, aplikasi kebanyakan berbayar tapi bisa diakali dengan cara di Jailbreak (memodifikasi sistem hp Iphone sehingga memberi pengguna akses penuh ke handphone). 
  6. Kompabilitas dengan laptop/pc selain merk apple agak sulit kecuali ada alat penghubung lainnya. 
  7. Kesulitan atau melakukan kesalahan pengetikan kadang ditemukan menggunakan iphone,tentunya hal ini akan sedikit menyita waktu terbaik kita.
 
BLACKBERRY
  1. OS nya disebut Blackberry 
  2. Harganya variasi, ada yang mahal banget dan ada yang terjangkau (paling murah Rp. 1.500.000 untuk harga baru) 
  3. Fitur-fiturnya menarik untuk OS 7 saja, dibawah OS7 biasa aja. Transisi nya cukup halus, untuk tipe touch screen juga capacitive tapi tidak sehalus iphone, sering lemot jika terlalu banyak aplikasi / pesan , kadang suka hang, sangat baik untuk terima dan kirim e-mail bisa disebut sebagai ‘sekretaris’ pribadi diluar kantor, tampilan sms cukup menarik (tiga format; bubble,normal,baris), Memilih Blackberry artinya kamu akan menggunakan Blackberry Messenger (BBM) untuk terhubung dan berdiskusi secara intensif dengan rekan kerja atau kawan komunitas, juga bisa memasang aplikasi yahoo messenger, windows live messenger, whatsapp, ebuddy dll. Browsing di blackberry tidak menarik. 
  4. Batere kuat seharian, biasanya cukup di charge sekali aja dalam sehari (6 jam) tapi tergantung juga sih kalo pemakaiannya terus menerus seperti browsing,send and receive e-mail bakalan cepat menghabiskan battery juga. 
  5. Aplikasi dan Game tidak menarik, blackberry bukan buat mainan. 
  6. Kompatible dengan semua jenis laptop/pc 
  7. Kesulitan atau sering melakukan kesalahan pengetikan sangat jarang terjadi di blackberry bahkan bisa sambil menutup mata karena hafal.
  
ANDROID

  1. OS nya disebut Android 
  2. Harganya terjangkau 
  3. Fitur-fiturnya menarik, transisi nya cukup halus, layar capacitive (cukup menggunakan jempol dan telunjuk untuk proses pembesaran gambar di layar), gak kenal istilah lemot, sering sekali ditemukan adanya hang / freeze, bisa nerima e-mail personal / lainnya, tampilan sms yang menarik seperti chat dengan tampilan dalam format buble, fitur chat menggunakan program seperti yahoo,whatsapp.Browsing di android sangat menarik. 
  4. Batere sangat boros, bisa dua sampai tiga kali re-charge dalam sehari. 
  5. Banyak aplikasi dan game yang bakal membumi hanguskan kepenatan, aplikasi banyak yang gratisan karena open source seperti iphone dan ada juga yang berbayar tapi bisa diakali dengan cara di root (memodifikasi sistem hp Android sehingga memberi pengguna akses penuh ke handphone). 
  6. Kompatible dengan semua jenis laptop/pc 
  7. Kesulitan atau melakukan kesalahan pengetikan sering terjadi di Android, tentunya hal ini akan banyak menyita waktu terbaik kita.
Jadi, pada intinya adalah beli smartphone yang sesuai dengan selera,fungsi dan gaya kita sendiri. hehehe..

(Sumber :http://ianegx.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar