Sabtu, 04 Mei 2013

Dybbuk



Dalam cerita rakyat Yahudi , sebuah dybbuk Yiddish : דיבוק, dari bahasa Ibrani lampiran) adalah berbahaya atau jahat memiliki semangat diyakini sebagai terkilir jiwa . dari orang yang sudah mati

Dybbuks dikatakan telah melarikan diri dari dunia orang mati atau telah berpaling karena pemberontakan serius, seperti bunuh diri , yang jiwa ditolak masuk.  Kata "dybbuk" berasal dari bahasa Ibrani דיבוק, yang berarti "lampiran" ; dybbuk yang menempel pada tubuh orang yang hidup dan mendiami daging.

Menurut kepercayaan, jiwa yang belum mampu memenuhi fungsinya selama masa hidupnya diberikan kesempatan lain untuk melakukannya dalam bentuk dybbuk. Ini seharusnya meninggalkan tubuh inang setelah telah dicapai tujuannya, kadang-kadang setelah membantu .


*Bentuk pertama adalah Gilgul, yang adalah kata Ibrani untuk "rolling," tapi berarti, dalam konteks ini, transmigrasi jiwa. Umumnya, diwakili sebagai urutan alami dalam kehidupan jiwa, yang harus menempati berbagai badan mempelajari banyak pelajaran yang dibutuhkan sebelum dapat bebas untuk bersatu kembali dengan Allah. Jiwa itu hanya masuk ke dalam tubuh saat lahir (tidak pada saat pembuahan), sama seperti bayi yang akan meninggalkan tubuh ibu, dan mempersiapkan untuk hidup apa pun masa hidup normal telah dialokasikan untuk itu. Situasi khusus membutuhkan pendekatan yang berbeda untuk transmigrasi.


 * Bentuk kedua dari transmigrasi adalah Dybbuk, roh tanpa tubuh yang memiliki tubuh yang hidup yang dimiliki jiwa lain. Ada berbagai asal-usul dikaitkan dengan roh-roh. Deskripsi pertama biasanya mengisyaratkan bahwa mereka mungkin setan bukan manusia. Kemudian diasumsikan mereka adalah roh-roh orang yang telah meninggal. Dybbuk mungkin jiwa orang berdosa, yang ingin melepaskan diri dari hukuman hanya dijatuhkan kepadanya oleh malaikat kubur  yang berusaha untuk mengalahkan mereka, atau untuk menghindari bentuk lain dari hukuman jiwa, yang mengembara bumi. Dybbuk mungkin membalas dendam untuk beberapa kejahatan yang dilakukan untuk itu sementara itu tinggal. Atau, mungkin hilang, dan akan memasuki tubuh hanya untuk mencari seorang rabi yang akan dapat membantu dan mengirimkannya dalam perjalanan. Orang hidup mungkin atau mungkin tidak tahu bahwa dybbuk sebuah menduduki tubuhnya, atau mungkin tersiksa olehnya. Hal ini tergantung pada maksud dari jiwa memiliki.

* Bentuk ketiga adalah Ibbur tersebut. Terjemahan harfiah dari kata dari bahasa Ibrani berarti "impregnasi." Ibbur adalah bentuk paling positif dari kepemilikan, dan yang paling rumit. Ini terjadi ketika jiwa benar memutuskan untuk menempati tubuh seseorang hidup untuk waktu, dan bergabung, atau rohani "menghamili" jiwa yang ada. Ibbur selalu sementara, dan orang hidup mungkin atau mungkin tidak tahu bahwa itu telah terjadi. Seringkali orang hidup telah berbaik hati memberikan persetujuan untuk Ibbur tersebut. Alasan untuk Ibbur selalu baik hati - jiwa berangkat ingin menyelesaikan tugas penting, untuk memenuhi janji, atau untuk melakukan Mitzva (kewajiban agama) yang hanya dapat dicapai dalam daging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar