Twitter adalah sebuah situs web
yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring
sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan
membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks
tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman
pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis
lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat
mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang
kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di
negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San
Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server
dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada
tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh
dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang
digambarkan sebagai "SMS
dari internet". Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru
yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang
mantan pemain basket NBA,
Larry Bird.
Sejarah
Twitter berawal dari
sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting
perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide
twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan
sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal
15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Popularitas
Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by
Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter
meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu
sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan
meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the
"Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.
Pertumbuhan
Sudah lebih dari
400.000 kicauan dikirim-tampil (post)
per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan
dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per
kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar
kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter
mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang
dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap
detik, menurut Twitter. Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada
kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010,
ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah
Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan
lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los
Angeles Lakers di Final NBA
2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael
Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter
turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata
"Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam. Secara Keseluruhan
Pesan
Pengguna dapat
menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan tanda pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan
atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @. Pesan pada
awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140 karakter disesuaikan dengan
kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang
biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas karakter 140 juga meningkatkan
penggunaan memperpendek layanan URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa
hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk
mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter.
Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang
dikirim-tampil.
Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama
kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman
kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline
Profil
Pada halaman ini yang
akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan
yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah
pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain
menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut
akan masuk ke dalam halaman utama.
Mengikuti(Following)
Kebalikan dari
pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar
kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman
utama.
Gamitan[8]
(Mentions)
Biasanya konten ini
merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai
orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai
sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung
lebih bisa disebut SMS
karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain
yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di
depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang
ditulis oleh orang lain juga
Senarai (List)
Pengguna twitter
dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga
memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna
(username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar
adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu
yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang
ditandai dengan tagar (#) yang
dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada
kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan
menjadi Topik Hangat (Trending Topic)
dan menjadi populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena
suatu peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu
tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa
yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari
kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena
fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik
Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic
World Wide / TTWW) dan Topik
Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi
di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal yang sedang banyak
peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan
(dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla,
Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter
dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti
#7KulinerSbyPalingWuenak.
Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut
Pear Analytics.
- Celoteh tidak berarti - 40%
- Percakapan - 38%
- Nilai lewat-terus (pass-along) - 9%
- Promosi diri - 6%
- Berita - 4%
- Spam - 4%
Peringkat
Twitter adalah
merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh
dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry
mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan
jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta
pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai
situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki
pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada
Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.
Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah
kicauan yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna
menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh
Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya
adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite,
Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, SnapTwit, SimpleTweet,
Gravity
Demografi
Menurut sebuah studi
oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter
lebih besar daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%.
Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas,
dan bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya,
Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana
pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini
dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para
penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis
atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis
tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang
pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun
selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey,
Britney
Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.
Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi
pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap
layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama
kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan
keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan
informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif"
untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21
September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim
kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan
mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk
mengirim sembulan
iklan (pop-up ad)
dan tautan ke situs porno.
Penggunaan Twitter di Indonesia
Di Indonesia, Twitter
sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler
yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki
peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski
Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.
Riset dan Kritik
Banyak yang
mengatakan bahwa twitter adalah cara yang baik untuk tetap berhubungan dengan
teman-teman. Namun, beberapa pengguna merasa 'terlalu' terhubung, karena mereka
selalu menerima pesan yang tidak relevan dengan kebutuhan mereka. Berbagai
penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan seperti bidang sosiologi dan
perilaku. Sebuah penelitian dilakukan Bruno Goncalves menyatakan
bahwa jaringan sosial modern membantu seseorang berinteraksi namun kendala
biologis dan fisik membatasi hubungan sosial secara stabil. Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter
memiliki tingkat pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti
menggunakan layanan ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai
hanya sekitar 10% dari semua pengguna internet.
Pada bulan Maret
2009, komik strip Doonesbury mulai menyindir Twitter. Banyak karakter menyoroti
kicauan yang mengikuti pemutakhiran topik hangat (trend updates) terus-menerus. SuperNews! juga mengatakan bahwa
Twitter sebagai kecanduan dan mengatakan kicauan tidak lebih dari “teriakan ke
kegelapan berharap seseorang mendengarkan”.
Scott A. Golder dan Michael W. Macy
menganalisis lebih dari 500.000 update oleh 2,4 juta pengguna Twitter di 84
negara selama 2 tahun. Data dibagi menjadi kelompok-kelompok update berdasarkan
jam. Temuan menunjukkan Twitter menegaskan pola seharian.
Alessio Signorini
menggunakan data menciak pengguna Twitter untuk mengganalisis tingkat
penyebaran flu H1N1 di Amerika Serikat. Marcel Salathé dan Shashank Khandelwal melacak
bagaimana pola pikir pengguna Twitter berkorelasi dengan tingkat partisipasi
vaksinasi H1N1 dan bagaimana perasaan negatif atau positif mempengaruhi
pengguna lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar