Rabu, 23 Februari 2011

Asal Usul Leak Bali

Leak adalah seorang manusia yang sedang mempraktekkan ilmu hitam dan memiliki perilaku kanibalisme. Dikatakan bahwa Leak dapat terbang untuk mencari seorang wanita hamil untuk menghisap darah bayi atau anak yang baru lahir, untuk melengkapi kemampuan ilmunya. Ada tiga Leak yang terkenal, yaitu dua perempuan dan satu laki-laki. Keterampilan sihir yang tinggi dapat merubah leak menjadi Rangda atau ratu ilmu hitam.

Leak dikatakan dapat memakan mayat, memiliki kekuatan untuk mengubah dirinya menjadi binatang, bahkan dapat menjadi monyet dengan gigi tikus besar, sebuah bola dari api dan bahkan raksasa. Dikatakan pula bahwa dia memiliki lidah yang panjang dan taring yang besar.

Di siang hari ia muncul sebagai seorang manusia, tapi pada malam hari kepala dan isi perutnya membebaskan diri dari tubuhnya dan terbang. Musuhnya adalah Barong, yaitu karakter dalam mitologi Bali. Dia adalah raja dari roh-roh, pemimpin tuan rumah yang baik.

Legenda Leak di Bali mengacu pada sebuah drama mengerikan yang terinspirasi dari ilmu hitam dengan tokoh kunci dari Calon Arang. Cerita ditulis dalam naskah yang menggambarkan bahwa selama pemerintahan Erlangga pada abad 11 ada janda yang bernama Calon Arang yang hidup di desa Girah yang memiliki seorang putri cantik. Nama Putrinya adalah Ratna Manggali, tapi tidak ada satu pemuda dari desa itu dan sekitarnya memiliki keberanian untuk mendekatinya.  Hal ini karena ibunya diketahui memiliki pengetahuan tentang ilmu hitam.

Reputasi buruknya akhirnya sampai ke istana, dan beberapa prajurit mengambil inisiatif serta meminta izin kepada raja untuk menghukum janda tersebut. Para prajurit menuju ke desa Girah dan menemukannya. Seorang tentara  menyeretnya, tapi sayang dia terbangun dan kaget serta dia melihat dengan 2 matanya yang liar dan memancarkan cahaya api dan dibakar tentara tersebut, lalu yang lainnya kabur tetapi hanya seorang saja yang selamat.

Tentara ini kemudian melaporkan pengalaman mengerikan tersebut kepada raja, dan itu membuat raja benar-benar kesal dan marah.


sumber : Welcome to My World dengan sedikit perubahan.

4 komentar: