Jumat, 04 Februari 2011

Seberapa Hebatkah Indonesia Itu?



Indonesia, Negara tercinta kita yang di anugrahi tuhan dengan berbagai kekayaan yang beragam. Negara dengan penduduk terpadat di Asia Tenggara ini memiliki beragam keunggulan, seperti tempat wisata yang mempesona, budaya, bahasa dan adat istiadat yang menjadi daya tarik Negara ini.

Seperti kita tahu, salah satu tempat wisata di tanah air yang cukup terkenal adalah Bali. Provinsi yang luasnya 17,52 km² ini memiliki pantai yang sudah terkenal di dunia. Pada tahun 2009, sebuah majalah luar negeri menganugerahi BALI sebagai pulau TERINDAH DI DUNIA. mengalahkan pulau galapago's di amerika yang harus puas dengan posisi ke 2.

Amerika, negara adikuasa yang ilmu pengetahuannya sudah sangat maju. Di tanah mereka, melemparkan batang singkong ke tanah belum tentu tumbuh. Di sana, jika ingn tumbuh, harus di pelihara dulu baik-bak. Tapi di Indonesia? jangan di tanya lagi. Tinggal lempar aja langsung tumbuh.

Dulu, pada sebuah buku terbitan TIRA PUSTAKA JAKARTA, ada bab yang berjudul "Bagaimana terjadinya Minyak Bumi?", di bab itu ada kalimat seperti ini. "Beberapa negara tidak memiliki cadangan minyak sama sekali, sedangkan negara lain berkelimpahan. Negara yang cadangan minyaknya paling besar adalah Arab Saudi, Kuwait, Iran, Uni Soviet, Amerika, Indonesia."

Artinya ? ada beberapa segi pada negara ini yang bisa di sejajarkan dengan amerika dan uni Soviet ! (beberapa tahun lalu)

Tau ada berapa pulau di Indonesia ?
13.667 pulau ! dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan lautnya mencapai 3.257.483 km2. Panjang garis pantainya mencapai 81.497 km2, dan merupakan garis pantai terpanjang di dunia.

Dengan laut seluas 3.257.483 km2 itu, seharusnya Indonesia sudah jadi pengekspor ikan yang besar. Tapi sayangnya ada beberapa (mungkin banyak) nelayan yang mengeksploritasi ikan dengan cara yang salah. Seperti pukat harimau, racun dan bom. Wah, bahaya tuuh.. Ikan-ikan kecil bisa ikut tertangkap dan mati. Ikan-ikan jadi ga bisa re-generasi dan akhirnya menjadi langka. Lama-lama bisa punah juga beberapa jenis ikan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar